TUGAS 1

 

LATIHAN A

1) Apakah yang dimaksud dengan online ?

jawaban : Online adalah sedang menggunakan jaringan,terhubung dalam jaringan, satu perangkat dengan perangkat lainnya yangterhubung sehingga bisa saling berkomunikasi. Online ini juga bisa diartikansebagai suatu keadaan dimana sebuah device (komputer) terhubung dengan devicelain, biasanya melalui modem.

2) Apakah pendapat Public Relations di Amerika Serikat tentang Public Relations ?

jawaban : LembagaPublic Relations di Amerika Serikat mendefinisikan : Public Relations adalah“Usaha yang direncanakan secara terus menerus dengan sengaja guna membangun danpengertian timbal – balik antara organisasi dan masyarakatnya”.

3) Terangkan salah satu fungsi yang terdapat dalam pengetahuan tentang ilmu Online PR ini ?

jawaban : Online PR adalah merupakan cara yang dilakukan oleh PR untukmenjalin hubungan dengan khalayaknya dengan menggunakan media internet. Mediaonline yang yang dibidik oleh PR adalah bersifat lokal dan internasional. Suatuperkembangan informasi teknologi yang sangat cepat karena kehadiran internetserta tuntutan pasar akan respon yang cepat dari setiap perubahan dan kebutuhaninformasi yang up-to-date. Pesan yang disampaikan oleh PR bukan hanya melaluimedia konvensional, melainkan pesan yang disampaikan dengan transfer informasicepat memakai teknologi internet.

4) Jelaskan dengan contoh bahwa online PR bergerak diperusahaan ?

jawaban : Hotel Nirwana mempunyai media online yaitu
http://www.Hotelnirwanapekalongan.blogspot.com dan
http://www.Hoteldipekalongan.blogspot.com
Melalui media ini dapat diakses banyak informasi mengenai hotel Nirwana mulai dari harga, fasilitas, keunggulan dan segala hal yang berhubungan dengan hotel Nirwana Pekalongan. Penggunaan media online sebagai media promosi merupakan cara yang paling efektif untuk menjangkau khalayak yang luas. Promosi melalui media ini megandalkan dari desain tampilan di internet untuk menarik perhatian khalayak

5) Jelaskan secara singkat fungsi seorang PR dalam bermasyarakat ?

jawaban :

  • Selalu menjaga para manager agar “Well informed”, yaitu mendapat informasi yang cepat dan hangat tentang situasi terbaru, termasuk perubahan opini di masyarakat.
  • Selalu menjaga para manager dari reaksi yang kurang menyenangkan dari masyarakat terhadap aktivitasperusahaan dan mampu memberikan saran yang dapat mempersuasi masyarakat luas guna meredam reaksi yang kurang menyenangkan menjadi menyenangkan.
  • Mengkomunikasikan kebijakan dan aktifitas perusahaan melalui media massa yang ada misalnya; surat kabar, BOB News, Wibesite, dll.

Dengan melaksanakan keempat fungsi diatas, terdapat tiga aspek penting yang disentuh yaitu; INFORMASI, PERSUASI dan KOMUNIKASI. Ketiga aspek tersebut sangat penting dalam meningkatkan citra BOB guna memperoleh reputasi yang baik. Prof.Neil Borden dari Harvard University mengatakan, “Pada dasarnya promosi adalah melaksanakan informasi, persuasi dan berkomunikasi”.

LATIHAN B

1) Online mengandung pengertian yaitu : A

a. Tersambung dalam jaringan

b. Mengantarkan media ke tempat lain

c. Pengolahan data

d. Social media

2) Bettrand R Canfield, 1964, hal 4 berisi pernyataan yaitu : C

a. Masyarakat harus diberikan penyuluhan

b. Masyarakat akan tumbuh dengan sendirinya

c. Mencari tahu minat masyarakat kemudian menyusun program dan melaksanakannya di masyarakat

d. Masyarakat harus bergerak sendiri menentukan posisinya.

3) Menurut Mahmud M, 2010 : 179 , tugas dan aktivitas PR adalah : C

a.Mengadakan rapat dan forum

b.Memberikan laporan keuangan

c.Memberikan laporan kepada Chief Executive Officer (CEO)

d. Mengolah informasi dari stakeholder

4) Pilih satu yang bukan pernyataan fungsi dari Public Relations menurut Bettrand R. Canfield (1964 : 6 ) : D

a. Mengabdi kepada kepentingan umum

b. Memelihara komunikasi yang baik

c. Menitik beratkan kepada moral dan tingkah laku yangbaik

d. Mencari keuntungan yang sebesar-besarnya

 

5) Tugas dari seorang Public Relatons diantaranya adalah : B

a. Mencari kelemahan pesaing

b. Membangun opini public yag baik

c. Menjadikan perusahaan mendapatkan untung besar

d. Mencari kesempatan menarik perhatian massa

LATIHAN C

1) Jelaskan hal penting yang dimaksud dengan era perubahan dalam PR ?

Jawaban :

· tanpa paksaan.

· membebaskan.

· berjiwa eksploratif.

· peka dan tanggap terhadap sesuatu.

· penuh inisiatif.

· sarat kreatifitas.

· banyak akal dalam menghadapi tantangan

2) Apakah kesimpulan Roberto Simoes tentang pengertian PR ?

jawaban :

· PR merupakan proses interaksi, menciptakanopini publik sebagai input yang menguntungkan kedua belah pihak.

· PR adalah fungsi manajemen, mengembangkanhubungan baik antar lembaga dengan publiknya baik internal maupun eksternal.

· PR menanamkan pengertian, menumbuhkanmotivasi dan partisipasi publik, bertujuan menanamkan goodwill,kepercayaan,saling adanya pengertian dan citra yang baik dari publiknya.

· PR merupakan profesi profesional dalambidangnya.

· PR merupakan penggabungan dari berbagai ilmu.

3) Sebutkan 4 tahap dalam proses aktivitas PR ?

jawaban : PR adalah aktivitas yang proses kegiatannya melalui 4 tahap :

a. PENELITIAN

b. PERENCANAAN

c. PELAKSANAAN

d. EVALUASI

4) Pernyataan apa yang menarik tentang PR yang disampaikan International Public Relations Association (IPRA) tahun 1960 :

jawaban : PR merupakan fungsi manajemen dari sikap budiyang direncanakan dan dijalankan secara berkesinambungan olehorganisasi-organisasi, lembaga-lembaga umum dan pribadi, dipergunakan untukmemperoleh dan membina saling pengertian, simpati dan dukungan dari mereka yangada hubungan dan diduga ada kaitannya, dengan cara menilai opini publik mereka,dengan tujuan sedapat mungkin menghubungkan kebijaksanaan dan ketatalaksanaan,guna mencapai kerjasama yang lebih produktif dan untuk memenuhi kepentinganbersama yang lebih efisien dengan kegiatan penerangan yang terencana dantersebar luas.

LATIHAN D

1) Salah satu aktivitas PR terlihat dari proses kegiatannya yaitu : B

a. PERDAGANGAN

b. PENELITIAN

c. PENGADAAN

d. KONSEPTUAL

2) PR merupakan upaya yang disengaja,direncanakan dan dilakukan terus menerus untuk membangun dan menjaga adanya saling pengertian antar organisasi dengan publiknya, ini adalah pernyataan dari. : C

a. E.L.Berneys, USA, 1956 :

b. Ivy L. Lee tahun 1906.

c. Institutof Public Relations :

d. Roberto Simoes

3) Salah satu kesimpulan Roberto Simoes tentang apa itu PR ? : B

a. PR merupakan mata rantai dari ilmu komunikasi

b. PR adalah system cara kerja ilmu perbankan

c. PR merupakan profesi profesional dalam bidangnya.

d. PR menjadi bagian aktifitas ilmu bisnis masyarakat kota

4) Salah satu dibawah ini bukan bagian Perubahan dalam Public Relations : B

a. berjiwa eksploratif.

b. Bersikap individual.

c. penuh inisiatif.

d. sarat kreatifitas.

5) Pilih satu yang bukan perkembangan PR 1900 -sekarang : D

a. Perubahan mental, kualitas, pola pikir, pola pandang, sikap dan pola perilaku secara nasional dan internasional.

b. Membangun kerjasama secara lokal, nasional dan internasional .

c. Saling belajar di bidang politik, ekonomi, sosial, budaya dan iptek sesuai kebutuhan era global / informasi.

d. Mendalami kebutuhan masyarakat dan menjadikan keuntungan perusahaan

Leave a comment