Sejarah Asal Usul Donat

images (7) Donat memang makanan yang paling disukai oleh  seluruh orang. Siapa yang tidak kenal Donat ? Cita  rasa yang manis dan lembut dengan berbagai  topping yang sedap dipandang membuat makanan  ini semakin banyak diminati.

Di dalam sejarah adanya makanan donat, ternyata asal-usul Donat masih menjadi perdebatan. Konon,donat dibawa ke Amerika Utara oleh imigran dari Belanda selain sajian seperti kue kering,pai krim,dan pai buah atau cobbler. Donat juga diklaim ditemukan oleh leluhur suku Indian Wampanoag. Akan tetapi, National Dunking Association of America(NDAA) menyatakan bahwa penemu kue donat adalah Hanson Crocket Gregory.

Namun,sang penemu kue donat ini pun memiliki dua versi cerita berbeda.

1. Versi Kapten Hanson Gregory di atas kapal

Cerita ini bermula pada abad ke 19 ketika ada seorang kapten kapal yang bernama Hanson Gregory. Suatu hari, ketika kapalnya berlayar, ia duduk di atas dek kapal sambil menikmati kue bulat. Tapi di saat sedang asyik-asyiknya menikmati kuenya, tiba-tiba ada ombak yang cukup besar yang menghantam kapalnya. Sebagai kapten, iapun harus mengendalikan kapalnya agar tetap stabil terkena ombak.

Iapun membutuhkan kedua tanganya untuk mengendalikan kemudia kapal, tapi ternyata ia tak mau membuang kuenya, sehingga ia menancapkan kuenya di salah satu pegangan kemudi, sehingga kue yang ia makan menjadi kue yang berlubang tengahnya. Inilah yang kemudian menjadi awal cikal-bakal pembuatan kue yang berlubang di tengahnya yang kelak diberi nama Donat.

2. Versi Hanson Gregory di atas Dapur

Cerita ini bermula Hanson Gregory masih kecil. ia menemani ibunya untuk menggoreng adonan kue berbentuk Bulat. Saat itu, ia bertanya kepada ibunya ” Bu, kenapa matangnya lama sekali?”. Dan ibunya pun menjawab “soalnya bagian tengahnya susah matang, butuh waktu lama”. Gregory kecilpun kemudian membuang setiap bagian tengah dari kue yang belum digoreng dang berkata kepada ibunya “bu, gorenglah kue yang sudah kulubangi ini, pasti matangnya cepat”.

Ibunya pun menggoreng kue yang sudah berlubang di tengahnya itu, sejak itulah kemudian muncul ide untuk membuat kue yang berlubang tengahnya alias Donat.

Beberapa Fakta Tentang Donat

* Donat terbesar di dunia adalah donat berisi jelly yang dibuat seberat 1,7 ton, berdiameter 4.9 meter, dan setinggi 40.6 metet ang dibuat di Utica, New york pada tanggal 21 januari 1993.

* Donat tak cuma dijadikan makanan favorit dalam kehidupan nyata, didalam film kartunpun donat ikut ambil peran. Salah satu tokoh kartun yang digambarkan sebagai donat mania adalah Homer Simpson.

* Sebanyak 10 milyardonat diproduksi setiap tahunnya, untuk diwilayah Amerika Serikat saja.

Leave a comment